Baru Lulus Kuliah? Ini Peluang Usaha yang Menjanjikan dengan Modal 2 Jutaan

Harus diakui lulus dari bangku kuliah bukanlan hal yang mudah, namun, bukan berarti setelah lulus perjuangan Anda sudah usai. Justru kehidupan yang sebenarnya baru dimulai. Tidak sedikit para lulusan sarjana yang akhirnya kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan.

Hal ini membuat kegalauan yang cukup akut bagi para fresh graduate karena mereka memiliki beban untuk segera berpenghasilan.

Sebenarnya, selain beradu mencari lowongan pekerjaan, seorang lulusan sarjana juga memiliki beberapa alternatif lain yang juga cukup menjanjikan seperti memulai bisnis sendiri. Beberapa peluang usaha yang cukup mainstream sekarang ini seperti:

Membuat Startup Baru 

Hal ini sepertinya sedang nge-tren di kalangan anak muda. Melihat tren startup unicorn yang berhasil sekelas Bukalapak dan Go-Jek, banyak lulusan sarjana yang memilih untuk membuat perusahaan startupnya sendiri.

Baca juga: Peluang Usaha paling Laris di Kampung atau Desa

Dilema dalam Memulai Startup 

Sayangnya, banyak orang belum bisa membedakan apa itu startup dengan bisnis UKM biasa. Orientasi startup yang fokus pada growth dibandingkan profit, terkadang membuat neraca keuangan startup yang tidak sehat dan berimbas pada keringnya keuangan pribadi masing-masing founder.

Oleh karenanya, jika Anda merasa belum cukup hebat untuk merealisisasikan ide startup Anda, tapi tetap berkinginan untuk memulai usaha, agaknya beberapa peluang usaha berikut bisa menjadi inspirasi bisnis setelah masa kelulusan Anda.

Membuka Jasa Desain Grafis dan Semacamnya 

Sekarang ini, hampir semua marketing tools membutuhkan desain yang menarik. Ditambah lagi dengan fenomena sosial media sharing seperti instagram dan facebook.

Dari mulai kafe pinggir jalan hingga bisnis transportasi tidak kalah ramai dengan media promosi digital yang ciamik.

Dengan hanya bermodalkan pengalaman otodidak menguasai software editing seperti Adobe Photoshop dan CorelDraw, anda sudah bisa menjadi freelance desain grafis.

Jika sudah punya kemampuan seperti ini, memilih membuka bisnis desain grafis atau bantu mengerjakan proyek-proyek desain perusahaan besar bisa jadi pilihan yang menjanjikan untuk Anda.

Membuka Bisnis Kreatif seperti Souvenir Wisuda dan Nikahan 

Mungkin banyak Anda yang tidak sadar, mengapa akhir-akhir ini, gift-gift yang diberikan oleh kawan-kawan kita terlihat lebih cantik dibanding era sebelumnya. Apalagi jawabannya kalau bukan karena ada supplier nya.

Ya, bisnis seperti jualan bunga, souvernir nikahan, souvenir wisuda itu sudah ramai dijalankan hari ini dan ternyata punya prospek yang cukup bagus loh. Kalau tidak percaya coba Anda bua instagram dan lihat betapa banyak bisnis kreatif serupa beredar disana.

Kalau Anda cermati, membuat bisnis ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar karena Anda bisa membuat produk by order alias setelah ada pesanan dengan membuat prototipe atau model terlebih dahulu tentunya.

Bisnis kado nikah, boneka wisuda, asesoris parcel bisa dilakukan dengan modal minim. Selain itu, harganya bisa mahal juga loh, untuk parcel ukuran besar bahkan bisa dijual dengan harga mulai dari 500 ribu rupiah.

Baca juga: Peluang Usaha 2018 yang Menjanjikan Berdasarkan Tren

Membuka Bisnis Catering Rumahan 

Dengan berubahnya gaya hidup orang zaman sekarang, serta trend ibu rumah tangga yang memilih berkarir di kantor dibanding di rumahnya, peluang bisnis catering menjadi sangat empuk di era sekarang.

Jika berbicara catering, pikiran kita tidak perlu terlalu rumit. Butuh modal besar, kompor dan wajan ukuran besar dan seterusnya.

Kenyataannya, di era masakini banyak bisnis catering rumahan yang justru hanya mensuplai makanan secara rutin kepada tetangga-tetangganya yang terlalu sibuk sehingga tidak bisa memasak di rumah.

Dengan pola bisnis ini, tentu yang diharapkan juga masakan khas rumah, jadi Anda tidak perlu repot-repot mempersiapkan bumbu yang ribet.

Asal masakan anda cukup enak, sehat, dan segar, saya yakin tetangga-tetangga di tempat Anda tinggal akan tertarik.

Paling tidak ide ini berlaku untuk kamu yang tinggal di lingkungan komplek permahan daerah kota.  Sudah banyak yang berhasil loh dengan bisnis catering rumahan ini. Berminat mencoba?

Itulah ide bisnis yang bisa saya rangkum sebagai inspirasi Anda untuk memulai langkah pertama menjadi pengusaha. Jika butuh panduan lebih lanjut mengenai panduan bisnis saya sarankan Anda membaca juga referensi yang saya cantumkan di bawah ini.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis