Peluang Usaha 2018 yang Menjanjikan berdasarkan Tren 10 Tahun Terakhir



Bisnis selalu menjadi pembicaraan yang menarik, baik itu di kalangan orang tua, pelajar, hingga karyawan sekalipun. Hal ini dikarenakan peluang-peluang bisnis selalu berubah dari tahun ke tahun.

Di Indonesia sendiri, sebenarnya ada pola munculnya peluang-peluang bisnis yang menjanjikan dan cukup mencolok dari satu masa ke masa yang lain. Jika kita perhatikan, inilah kedua jenis bisnis yang selama 10 tahun terakhir telah banyak menguasai pasar di Indonesia.

Era 2005-2015: Masa Kejayaan Bisnis Franchise

Sobat ingat tidak, sekitar 5 tahun lalu, hampir di setiap kedai Indomaret atau Alfamart, kita akan degan mudah menemukan kios Edam Burger (terutama bagi masyarakat Jakarta). Dari situlah awal munculnya produk berbasis franchise lainnya, sebutlah merk seperti Kebab Baba Rafi, Sabana Fried Chicken, dll.

Baca juga: Kisah Jatuh Bangun Pemilik Bisnis Kebab Baba Rafi

Hal ini menunjukkan, memang pada era tersebut, bisnis franchise mulai marak, salah satu faktor pendukung fenomena ini adalah pendapatan masyarakat yang mulai meningkat. Sehingga kemampuan membeli produk makanan tersier cukup tinggi dan produk-produk sejenis bisa laris manis di pasaran.

Walaupun, sebagaimana sudah disinggung, bahwa nature dari bisnis adalah dinamika itu sendiri, maka tren ini cepat atau lambat akan segera berubah.

Baca juga: Tren Konsumsi China Masakini

Dalam tulisan di atas, diulas bagaimana jika pendapatan masyarakat sudah pada tingkat tertentu, maka pengeluaran akan bergeser dari yang sifatnya konsumsi menjadi investasi. Ini artinya, masa-masa bisnis franchise sudah akan hilang dan tentu bukan jenis bisnis ini yang menjanjikan di tahun 2018.

Era 2015-2025: Masa Kejayaan Bisnis Online & E-Commerce

Harus diakui kejayaan franchise adalah masa kejayaan entrepreneur generasi pertama, yang berlomba kuat-kuatan di sektor permodalan, ekspansi area bisnis, serta strategi marketing produknya.

Di dekade kedua ini, kita melihat munculnya entrepreneur generasi kedua, sebutlah nama Nadiem Makarim, penemu aplikasi Go-Jek serta Ahmad Zaky, penemu salah satu e-commerce terbesar Bukalapak.

Munculnya bisnis berbasis online atau yang banyak dibahasakan sebagai startup ini juga disambut baik oleh masyarakat, karena bisnis generasi kedua ini dapat dirasakan langsung manfatnya oleh masyarakat.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Lewat Media Sosial

Alias tidak hanya pandai dalam menyerap uang, tapi juga cerdas dalam mendistribusikan uang ke berbagai lapisan masyarakat lewat teknologinya.

Menurut prediksi penulis sendiri, tren ini tidak akan cepat berakhir didasarkan pada beberapa fakta:
  1. Penerima manfaat dari bisnis online semakin bertambah dari hari ke hari
  2. Sistem sharing economy yang membuat harga pasar selalu bersaing 
  3. Regulasi pemerintah mulai menyesuaikan iklim ekonomi berbasis online
  4. Sambutan baik dan partisipasi aktif dari pihak BUMN serta pihak perbankan
  5. Keterlibatan masyarakat secara umum yang sudah sangat massive

Lalu, Bagaimana Peluang Usaha yang Menjanjikan di 2018?

Untuk menjawab pertanyaan ini, sebenarnya kita punya dua pilihan. Jika Anda merasa memiliki kapasitas yang cukup, maka membuat platform online baru agar bisa menjadi startup unicorn seperti Go-Jek, Travelokal, dan Bukalapak mungkin merupakan pilihan terbaik bagi Anda.

Namun, apabila kita melihat dari sisi pragmatis, sebenarnya, dengan memanfaatkan platform bisnis online yang sudah ada, ada beberapa peluang usaha yang juga cukup menjanjikan di tahun 2018. Beberapa contohnya akan saya jabarkan di bawah ini.

Peluang Usaha dari Tren E-commerce
Peluang Usaha dari Tren Ojek Online
  • Membuka klinik pijat (setiap driver fulltime butuh dipijat loh setiap pekan) 
  • Membuka bengkel service motor 
  • Menjual aksesori ojek online 

Adapun peluang-peluang usaha lain yang sebenarnya tidak berhubungan secara langsung dengan perkembangan bisnis online, namun memiliki prospek yang cerah dalam beberapa tahun ke depan adalah sebagai berikut.
  • Childcare, layanan pengasuhan anak, peluang usaha ini muncul seiring dengan banyaknya ibu yang memilih berkarir di kantor
  • Healthcare, layanan kesehatan baik tradisional maupun rumah sakit modern
  • Robotik dan engineering, banyak nya automasi saat ini semakin menjadikan peluang dalam bidang robotika semakin luas dan digunakan di berbagai bidang
Itulah beberapa inspirasi peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2018. Apakah Anda termasuk yang berminat memulai salah satunya?