Pada tulisan ini, kami akan menyajikan contoh cara membuat analisis swot dan bisnis model dengan benar. Diantara banyaknya startup yang memiliki model bisnis kekinian, Gojek merupakan startup yang menarik untuk dijadikan acuan. Bukan hanya dilihat dari growth dan jumlah user, pola bisnis Gojek yang bagus-cepat-murah berhasil menyediakan moda transportasi yang disruptive.
Oleh karenanya, tidak ada salahnya kita belajar dari bisnis model Gojek jika ingin startup kita menjadi kerajaan bisnis serupa. Berhubung pada tulisan ini kami hanya menyediakan contoh saja, jika kamu ingin lebih dalam mengetahui tahapan-tahapan dalam pembuatannya, kamu bisa lihat di artikel berikut ini.
Jika kamu lebih tertarik untuk mempelajari metode analisis di atas menggunakan contoh yang lebih aplikatif, berikut kami sajikan contohnya di bawah ini.
Contoh Business Model Canvas Perusahaan GOJEK
VALUE PROPOSITIONS
- Menyediakan transportasi massal yang berkualitas, mudah serta cepat diakses, dengan harga terjangkau
- Pelajar sekolah
- Pekerja kantoran
- Pengguna transportasi public
- Generasi melek internet
- Aplikasi Gojek
- Iklan billboard
- Testimoni pengguna
- Diskon dan promo
- Email newsletter
- Aplikasi kaya fitur
- Menghubungkan driver dengan penumpang
- Manajemen data pengguna
- Google Maps
- Aplikasi Gojek
- Infrastruktur server
- Mitra pengemudi (driver Gojek)
- Suplier atribut driver (helm, jaket)
- Penyedia infrastruktur server
- Bagi hasil dengan mitra driver
- Penyewaan infrastruktur server
- Biaya API Google Maps
- Gaji pegawai kantor
- Biaya pemeliharaaan dan perbaikan sistem
- Pengguna jasa trasnportasi Gojek
- Pengisian dompet elektronik (Gopay)
Contoh Analisis SWOT Perusahaan GOJEK
Berikut contoh analisa SWOT perusahaan Gojek dalam bentuk tulisan untuk lebih memperjelas. Pada penulisan ini, analisis swot dibagi ke dalam dua bagian yaitu faktor internal (kekuatan & kelemahan) serta faktor eksternal (peluang & ancaman).Faktor Internal Perusahaan
STRENGTH- Bisnis model sangat efisien
- Jumlah driver banyak
- Mudah untuk diduplikasi di daerah lain
- Membuka banyak lapangan pekerjaan
- Pihak perusahaan punya ketergantungan yang sangat tinggi terhadap driver (pengemudi)
- Proses bisnis tidak bisa berjalan tanpa adanya akses internet yang memadai
Faktor Eksternal (di luar perusahaan)
OPPORTUNITY
- Dapat merambah ke sector bisnis lainnya
- Mudah menggaet pihak strategis
- Akses pasar kepada generasi millennial terbuka lebar
THREAT
- Regulasi hukum belum matang dan bisa berubah kemudian
- Adanya segenap masyarakat yang belum adaptif terhadap perubahan
0 Komentar