Modifikasi Ban dan Kaki Daihatsu Terios Baru [All New Terios]


Black Pals Auto Jurnal kali ini masih membahas bagaimana modifikasi All New Daihatsu Terios di sektor kaki-kaki. Kali ini bagaimana sosok all new Terios putih ini memiliki potensi yang cukup besar, untuk mendongkrak tampilannnya lebih macho dan mendukung sisi sporty-nya. Kali ini tim Blackxperience.com berkunjung ke Sumber Ban 2 yang berlokasi di Karawaci, Tangerang.

All New Daihatsu Terios memiliki mesin berkapasitas 1500 cc dengan daya yang dihasilkan 105 hp dan torsi 136 Nm. Body yang besar, ruang kabin yang lega, diposisikan untuk menampung 8 orang. Dan bagaimana SUV terbaru dari Daihatsu ini mampu menarik hati para pecinta SUV yang tangguh. Mesinnya yang sudah tidak diragukan lagi, ditopang dengan kaki-kaki yang match dengan aktivitas anda. Apakah itu running di dalam kota, atau bisa saja tempuh antar kota dengan sedikit medan yang menyita adrenalin.



Bahasa desain All New Terios yang adventure dipertajam dengan garis-garis tipis otot bodi membuat tampilan SUV ini semakin terarah modifikasinya. Bersama Franki sang punggawa Sumber Ban 2, kita akan kuras potensi velg yang mendukung 2 gaya tersebut, sporty dan adventure.



Bawaan pabrikan dari velg all new Daihatsu Terios menggunakan velg 17 inci dipadukan dengan ukuran ban 215/60. Semisal Black Pals ingin hanya menaikkan ring menjadi 2 inci, sepintas terlihat oke-oke saja. Namun, Black Pals perlu berfikir ulang bila dikomparasi dengan bodi yang cukup besar, dan coba perhatikan ruang fender yang terlihat masih luas. 

Baca juga: Modifikasi Mobil Calya dan Sigra

Franki berasumsi masih bisa menaikkan ukuran velg 3 inci menggunakan ring 20. Selain itu secara pabrikan, All New Terios memiliki ground clearance lebih tinggi hingga 220 mm dibanding varian Terios lama.

"Terios baru bisa menggunakan velg 20 inci dengan ban tebal dan didukung dengan ruang fender yang besar. Saya menjamin masih aman meski harus digunakan untuk keluar kota dan bila dibandingkan dengan Terios lama cukup jauh, karena ground clearance yang tidak terlalu jangkung," terang Franki kepada Blackxperience.com.



Soal velg apa saya yang mendukung tampilan itu, Franki menawarkan velg dengan genre semi off-road dan satu lagi dengan gaya sporty. "Untuk velg WorX model Amerika mendukung gaya off-road. Jadi cukup mendukung gaya SUV dengan karakter adventure seperti Jeep. Namun ban tidak bisa menggunakan full off-roadyang akan menyita ruang fender. Lebih kembangan ban yang halus dan tidak bisa MT/AT. Efeknya lebih nyaman dan tidak berisik," jelasnya.



Velg WorX ini buatan China, ukuran 20 inci, lebar 8.5 inci dipadukan dengan ban Toyo Procces ukuran 245/45-20. Dan jangan kaget bila ban yang dipasang agak keluar dari bibir fender, itu juga untuk mengikuti gaya Adventure Jeep. Lebih match bila ditambahkan variasi over fender. " Velg WorX selain berukuran ring 20 juga menggunakan offset 15. Secara look cenderung lebih gagah, dan rasanya adventure banget tentunya. Dan antara velg belakang dan depan memiliki lebar yang sama yakni 8.5 inci," jelas Frangky.



Varian kedua menggunakan velg Center Line yang mendukung gaya sporty. Gaya sporty didukung dengan ukuran velg 20 inci dan lebar 8.5 inci untuk depan dan 10 inci untuk belakang. "Karena tipikal velg ini concave, maka penggunaan velg depan dan belakang cenderung beda, saat dilihat dari belakang mobil akan terlihat lebih gemuk tentunya," imbuhnya.



Sedangkan ban yang bisa dipakai untuk dipadukan dengan velg Center Line tersebut menggunakan ukuran 245/45 bagian depan, sedangkan bagian belakang menggunakan ukuran yang sama 245/45. "Penggunaan ban lebar di belakang saya rasa tidak ada masalah, justru lebih bagus dan mendukung sporty look." tukasnya.

Antara kedua varian velg diatas secara material dan cetak menggunakan bahan aluminium casting, dan itu lebih berat dari ukuran originalnya. Velg merek WorX memiliki basic warna black, sedangkan Center Line menggunakan warna silver.



Kisaran berapa biaya yang diperlukan untuk mengupgrade velg dan ban all new Terios ini? Penggunaan velg WorX dan ban lokal mencapai Rp15-16 jutaan. Namun dengan velg yang sama dan menggunakan ban import Jepang mencapai Rp19-20 jutaan. "Paket tersebut sudah termasuk spooring dan balancing," tutupnya.



Nah Black Pals, tunggu apa lagi apakah Anda sudah tergolong orang yang tidak betah melihat mobil All New Daihatsu Terios terlihat standar. Standart is too boring, dan mulai sekarang modifikasi kaki-kaki all new Terios Anda dengan berkunjung ke diskusikan keinginan Anda keSumber Ban 2 Motorsport, di kawasan jalan Imam Bonjol, Karawaci, Tangerang. [Ahs/timBX]

Posting Komentar

0 Komentar