Artikel ini disponsori oleh Jasa Desain Rumah

Rumah tanpa taman tentu akan terlihat gersang, sepi dan kurang hidup. Tetapi masalahnya tidak semua orang punya cukup ruang di halaman rumah untuk membuat taman impian. Namun anda tak perlu khawatir, sebab hal ini dapat diatasi dengan menerapkan tips membuat taman di rumah lahan sempit. Dengan demikian, anda masih tetap bisa memiliki taman di halaman impian meskipun halaman anda tidak terlalu luas.

Membuat Taman di Rumah Lahan Sempit

Agar anda bisa mendesain taman minimalis dengan halaman yang sempit dibutuhkan sebuah keahlian khusus. Supaya desain taman tidak mangkrak atau gagal, maka sebelum membuat taman minimalis sebaiknya anda berkonsultasi kepada ahlinya. Jika perlu, anda bisa mempekerjakan arsitek yang profesional di dalam proses desainnya.

taman mini di depan rumah
taman mini di depan rumah

Jika saat ini anda masih bingung mencari tips membuat taman di rumah lahan sempit, maka berikut ini ada beberapa ide yang bisa anda ikuti untuk solusi masalah anda tersebut.

Taman Mini di Depan Rumah

Semua orang tentunya pernah memikirkan ingin menciptakan taman di halaman depan rumah. Sebab taman yang ada di halaman depan rumah bisa memberikan kesan pertama yang baik untuk para tamu yang berkunjung ke rumah anda. Disamping itu, anda juga bisa dimanjakan oleh pemandangan taman yang indah. Adanya taman mini yang berada di depan rumah bisa membuat rumah terasa nyaman dan sejuk.

Membuat Taman di Dalam Rumah

Ketika rumah anda berada di lahan yang sempit, maka ide untuk membuat taman di dalam rumah bisa diterapkan. Biasanya dinding yang ada di sekitar taman akan dibuat sedikit ventilasi atau bukaan. Sementara untuk atapnya yang menaungi taman di dalam ruangan didesain transparan.

Atapnya menggunakan material atap yang sudah teruji kualitasnya seperti solartuff atap transparan. Disamping melancarkan proses fotosintesis, penggunaan atap transparan bisa meningkatkan pencahayaan yang ada di dalam rumah. Selain itu, juga bisa menciptakan kesan lebih futuristik dan modern bagi rumah anda.

Mini Garden di Belakang Rumah

Disamping membuat taman di halaman depan atau di dalam rumah, maka lokasi belakang rumah juga bisa menjadi salah satu alternatif membuat taman kecil yang mungil. Agar bisa membuat taman di belakang rumah, maka tembok pembatas dengan rumah harus dibuat jarak sekitar 1 meter. Jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di belakang rumah adalah tanaman yang mudah dirawat. Disamping itu, bisa dipasang pula beberapa lampu taman agar lebih menawan.

Taman Atap Rumah

Sudah banyak arsitek profesional yang menerapkan konsep rooftop garden atau taman atap ini. Desain taman atap seperti ini cocok sekali bagi rumah yang dibangun dengan luas lahan yang terbatas. Bila anda tidak punya halaman depan dan belakang, membuat taman di atap menjadi salah satu alternatif yang tepat.

Ini bisa menjadi salah satu tips membuat taman di rumah lahan sempit yang dapat anda ikuti. Anda bisa duduk santai dengan keluarga sambil menikmati rooftop garden yang ada di rumah anda.