Walaupun creambath menjadi sebuah perawatan rambut yang baik, namun bila terlalu sering dilakukan ternyata dapat berpengaruh pada kesehatan rambut. Begitu pula sebaliknya, ketika anda jarang melakukan creambath, maka kulit kepala dan juga rambut bisa bermasalah. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mengetahui jangka waktu creambath yang baik.

Jangka Waktu Creambath yang Baik

Creambath merupakan sebuah perawatan rambut dengan cream khusus. Krim ini berasal dari buah-buahan yang bisa menutrisi rambut secara khusus dan menjaga kesehatan bagian kulit kepala anda. Sehingga tidak heran banyak pria dan wanita yang melakukan creambath agar kesehatan rambutnya terjaga.


Kegiatan creambath juga bisa melepaskan stres karena memberikan efek yang dingin pada kulit kepala dan rambut. Tetapi agar bisa menghindari efek samping penggunaan creambath, diperlukan tata cara atau aturan supaya rambut dan kulit kepala tidak rusak. Seperti memperhatikan jangka waktu creambath yang baik.

Umumnya jangka waktu untuk melakukan creambath adalah satu atau dua kali dalam sebulan. Tetapi untuk jenis rambut kering dan kusam, creambath bisa dilakukan seminggu sekali. Hal ini bisa juga dilakukan sendiri di rumah. Disamping itu, ada beberapa jenis rambut serta jangka waktu creambath yang dianjurkan untuk anda.

Lihat juga: Franchise Barbershop

Rambut Normal

Untuk jenis rambut normal, saat anda tidak mengalami kerontokan atau ketombe, maka jangka waktu creambath yang baik untuk tipe rambut normal akan lebih baik dilakukan 2 minggu sekali dan dilakukan secara teratur.

Rambut Berminyak

Bila anda memiliki tipe rambut berminyak, maka akan muncul ketombe dan kerontokan pada rambut. Tipe rambut ini juga mudah lepek dalam hitungan hari bahkan dalam hitungan jam sekalipun saat beraktivitas di luar ruangan. Bila tipe rambut anda berminyak, sebaiknya creambath dilakukan sebulan sekali. Sebab rambut ini lebih berminyak, lengket, mudah kotor dan sulit diatur.

Tipe Rambut Kering

Kondisi rambut yang kering disebabkan hasil kelenjar minyak tidak aktif di kulit kepala. Umumnya orang yang memiliki kulit kering juga akan mempunyai rambut kering. Tetapi tidak menutup kemungkinan tipe kulit kering bisa mempunyai rambut normal dan sebaliknya. Untuk rambut kering sendiri, jenisnya bercabang, kusam dan tidak bercahaya.

Untuk tipe rambut seperti ini, sebaiknya creambath dilakukan seminggu sekali. Tetapi ketika anda merasa rambut terlalu kering dari biasanya, maka anda bisa melakukan creambath dan tidur. Setelah itu, bilas saat pagi harinya.

Perubahan musim yang terjadi juga akan berpengaruh terhadap kelembaban rambut anda. Oleh sebab itu, ketika anda ingin mengaplikasikan creambath, maka anda bisa melakukannya secara rutin. Dengan begitu, jangka waktu creambath yang baik bagi anda bisa dilakukan seminggu sekali. Selain itu, anda juga harus menggunakan merk creambath yang cocok untuk jenis rambut. Sebab setiap merk diciptakan untuk jenis rambut yang berbeda, pemakaiannya pun juga berbeda. Kenali rambut anda sebelum menggunakan creambath supaya hasilnya maksimal.