Banyak makanan yang bisa dijadikan menu diet, salah satunya adalah pisang. Buah berwarna kuning dan berbentuk memanjang ini punya sejuta manfaat untuk menyukseskan program diet. Terutama efek kenyang yang diberikannya, sehingga Anda tak lagi berlebihan saat mengkonsumsi makanan lain selama proses diet berlangsung. Apa saja jenis pisang yang baik untuk dampingi menu diet Anda?

ilustrasi pisang yang baik untuk diet
ilustrasi pisang yang baik untuk diet

4 Jenis Pisang ini Manjur Membuat Diet Berhasil

Ada empat jenis pisang yang sering dipilih jadi salah satu menu diet, yaitu pisang raja bulu, pisang cavendish, pisang mas, pisang belitung, dan pisang kepok. Kandungan 14 gram gula dan 27 gram karbohidrat, mampu memenuhi kebutuhan Anda setiap hari dan tentunya sangat sehat. Ditambah pula vitamin di dalamnya yang juga super lengkap.

  • Raja Bulu
Bentuknya agak berisi ketimbang jenis pisang lain dengan ukuran yang cukup panjang. Cara konsumsinya bisa langsung dimakan mentah tanpa diolah terlebih dulu. Anda bisa mengkonsumsinya di pagi hari bersama segelas susu rendah kalori untuk menu sarapan.

Kandungan karbohidrat, gula, mangan dan magnesium membantu daya tahan tubuh dan kenyang lebih lama. Jadi, saat diet dilakukan cukup konsumsi pagi hari, lalu siang harinya makanlah menu diet seperti salad buah dan sayur segar. Di malam hari Anda bisa konsumsi satu lagi pisang sebelum istirahat, perut akan jadi nyaman dan istirahat tak terganggu.

  • Cavendish
Pisang yang berwarna kuning cerah dengan aroma khas ini, mengandung karbohidrat yang tinggi  sehingga cocok jadi menu diet Anda. Tapi bukan berarti seharian hanya makan pisang ini saja, Anda bisa tetap makan menu diet lainnya seperti oatmeal di pagi hari setelah makan satu buah pisang dan teh hangat tanpa gula.

Untuk menu siang, bisa memadukan salad dengan campuran perasan lemon dan minyak kelapa. Lalu sore hari Anda bisa menambah asupan gizi dengan kacang-kacangan, dan makan malam bisa dipadu dengan satu buah pisang lagi.

  • Mas
Kandungan mineral, karbohidrat, dan vitamin penting pada pisang Mas, akan membantu kesuksesan program diet Anda. Konsumsilah di pagi hari sebelum beraktivitas, ditemani jus buah segar. Pisang berukuran kecil dan sangat mudah dibawa kemana-mana ini juga bisa dijadikan cemilan sore, setelah makan siang berupa semangkuk nasi plus lauk ayam atau ikan bakar.

  • Belitung
Untuk kenyang yang lebih lama, Anda bisa mengkonsumsi pisang belitung karena ukurannya lebih besar dibanding jenis pisang lain. Kandungan karbohidrat dan mineralnya juga cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Jadikan sarapan pagi dengan segelas teh herbal, lalu siang hari Anda bisa mengonsumsi makan siang dalam porsi kecil.

Untuk menu makan malam, cukup satu buah pisang lagi dan segelas air putih hangat. Efeknya yang menenangkan dan mengandung serat akan menjaga sistem pencernaan sangat baik, sehingga keesokan hari Anda akan bangun dengan energi maksimal dan siap beraktivitas lagi.

Ternyata menu diet tak melulu harus bahan-bahan tertentu yang harganya mahal. Cukup selipkan salah satu jenis pisang di atas sebagai menu harian, dan program diet Anda pun dijamin berhasil. Asalkan tetap konsisten melakukan diet, hingga mencapai kondisi berat badat ideal. Ingat, diet itu butuh proses dan pisang bisa jadi bagian dari proses hebat itu. Selamat mencoba.