Apa yang muncul di pikiran anda pertama kali saat mendengar kata beton? Tentunya tidak jauh dari konstruksi bukan? Mengenal apa itu beton memang sebuah hal yang penting. Seperti yang sudah diketahui, pemakaian beton sebagai bahan bangunan atau material konstruksi umum digunakan. Baik untuk rumah tinggal, bangunan bertingkat dan berbagai infrastruktur lain.

Mari Mengenal Apa itu Beton

Pengertian beton merupakan material konstruksi yang sekarang ini sudah banyak digunakan. Berbagai macam bangunan telah menggunakan material beton. Pentingnya konstruksi menuntut kualitas yang memadai. Beton menjadi penting mengingat fungsinya sebagai pembentuk struktur yang paling banyak digunakan masyarakat.

Penggunaan beton banyak dipakai karena memiliki berbagai keunggulan sebagai bahan konstruksi. Mengenal apa itu beton, keunggulan dan juga kelemahannya penting untuk anda ketahui. Supaya anda bisa memanfaatkan penggunaan beton pada konstruksi bangunan dengan sebaik mungkin.

Jenis-jenis beton yang bisa digunakan dalam konstruksi bangunan juga bermacam-macam. Ada beton ringan, beton siklop, beton non pasir, beton bertulang, beton hampa, beton pracetak, beton prategang dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun bentuk yang paling umum dari beton yaitu beton semen Portland yang terdiri dari agregat mineral seperti pasir dan kerikil, serta campuran semen dan air.

Artikel ini disponsori oleh Pagar Panel Beton

Keunggulan Penggunaan Beton

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh beton jika dibandingkan dengan material konstruksi lain. Saat ini beton menjadi salah satu material konsumsi yang paling banyak dipakai di dalam struktur bangunan karena mempunyai beberapa keunggulan. Seperti tersedia dalam berbagai macam mutu beton yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dari struktur bangunan tersebut.

Apa itu beton (ilustrasi)
Apa itu beton (ilustrasi)

Beton juga termasuk bahan dengan kekuatan tinggi, tahan lama, awet dan mempunyai sifat tahan karat serta pembusukan dari kondisi lingkungan. Jika dibuat dengan baik, maka kuat tekannya bisa sama seperti batu alam.

Ketika ingin membuat beton, maka bahan bakunya relatif mudah untuk diperoleh. Beton juga tahan api dan mempunyai ketahanan yang baik pada temperatur tinggi. Sehingga biaya perawatannya tergolong rendah. Pemakaian beton sebagai material konstruksi akan lebih ekonomis bila dibandingkan baja. Beton bisa dicor di tempat. Beton segar bisa dipompakan sehingga akan memungkinkan dituang pada tempat yang posisinya sulit.

Kekurangan Beton

Selain mengenal keunggulan beton, kelemahan yang dimiliki oleh beton juga perlu anda ketahui. Beton memiliki kuat tarik rendah jadi rentan retak. Sehingga harus ditambah baja tulangan untuk penahan gaya tariknya. Beton juga sulit kedap air dengan sempurna, sehingga bisa dimasuki air dan membawa kandungan garam yang bisa merusak beton. Oleh sebab itu, untuk memperoleh batuan yang kedap air dengan sempurna, maka perlu dilakukan pengerjaan teliti.

Mutu akhir dari pengerjaan beton akan dipengaruhi mutu beton itu sendiri, juga proses pelaksanaan pengecorannya. Oleh sebab itu, mengenal apa itu beton, karakteristik, kelebihan dan kekurangannya menjadi sangat penting ketika anda akan menggunakan beton di dalam konstruksi bangunan.