Monopoli adalah salah satu permainan papan yang paling terkenal di dunia. Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan.

Setiap pemain melemparkan dadu secara bergiliran untuk memindahkan bidaknya, dan apabila ia mendarat di petak yang belum dimiliki oleh pemain lain, ia dapat membeli petak itu sesuai harga yang tertera. Bila petak itu sudah dibeli pemain lain, ia harus membayar pemain itu uang sewa yang jumlahnya juga sudah ditetapkan.

game monopoli
game monopoli

Sebelum Monopoli sudah ada permainan-permainan yang serupa, di antaranya adalah The Landlord's Game yang diciptakan oleh Elizabeth Magie untuk mempermudah orang mengerti bagaimana tuan-tuan tanah memperkaya dirinya dan mempermiskin para penyewa. Magie memperkenalkan permainan ini pada tahun 1904.

Walaupun permainan ini dipatenkan, tidak ada produsen yang memproduksinya secara luas sampai tahun 1910 oleh The Economic Game Company di New York. Di Britania Raya permainan ini diterbitkan pada tahun 1913 oleh The Newbie Game Company di London dengan nama Brer Fox an' Brer Rabbit.

Selain melalui penjualan, permainan ini juga tersebar dari mulut ke mulut dan variasi-variasi lokal juga mulai berkembang. Salah satunya adalah yang disebut Auction Monopoly atau kemudian disingkat menjadi Monopoly. Permainan ini kemudian dipelajari oleh Charles Darrow dan dipatenkan dan dijual olehnya kepada Parker Brothers sebagai penemuannya sendiri. Parker mulai memproduksi permainan ini secara luas pada tanggal 5 November [1935].

Saat ini bermain monopoli bisa di HP dengan teman-teman yang jauh. Ada games HP yang mengadaptasi permainan monopoli yaitu LINE Let’s Get Rich Monopoly. Serunya permainan tradisional yang diangkat menjadi permainan online.

Line Get Rich adalah bagian dari game Line dan dirilis untuk Mobile seperti android & iPhone. Game ini merupakan game monopoli yang bisa dimainkan bersama teman Line anda. Jika dulu Anda memainkan game ini harus bertatap muka dengan teman bermain, Get Rich memberikan sedikit perbedaan di mana pemain yang bermain harus online terlebih dahulu. Selain itu jumlah kotak dalam satu baris hanya ada 8 bukan 10 seperti monopoly asli.

Meskipun sebelumnya terdapat game serupa, tapi peminat dari game ini cukup besar. Banyak fasilitas yang diberikan hingga hadiah-hadiah lucu seperti kotak emas dan uang yang dapat digunakan untuk menambah level. Jika anda ingin memainkannya, anda tak perlu khawatir untuk mencari teman lagi.

Biar main monopoli online semakin seru, pastikan internet kamu tidak lemot ya dengan jaringan internet smartfren 4g tentunya