Barang–barang dari China memang sangat diminati warga Indonesia. Selain kualitas produk yang bagus dan unik, juga karena harganya murah. Momen ini banyak dimanfaatkan oleh pebisnis Indonesia untuk meraup keuntungan dengan mengimpor barang dari China.

Apakah Anda tertarik untuk ikut menjadi pebisnis dengan mengimpor barang dari China? Bagi Anda yang masih baru atau pemula di dunia impor barang dari China, berikut cara menjadi importir barang China yang wajib Anda ketahui:

Membeli Barang China dari Situs Jual Beli Online

Anda dapat mengimpor produk–produk dari China melalui marketplace berikut ini:

· Situs Alibaba.com

Marketplace ini berdiri sejak tahun 1999 dan terus mengalami perkembangan hingga sekarang. Di situs ini Anda akan mudah menemukan barang–barang dari China yang berkualitas dengan harga murah.

Anda bisa berbelanja dengan sistem grosir maupun ecer. Sistem pembayarannya pun juga mudah dengan menggunakan Paypal, Western Union, atau kartu kredit.

· Situs Aliexpress.com

Situs Aliexpress merupakan anak cabang dari perusahaan Alibaba. Sama dengan pada situs Alibaba, di situs Aliexpress Anda dapat berbelanja barang–barang dari China secara grosir maupun ecer.

Perbedaannya terletak pada member penjual yang bergabung pada marketplace tersebut. Jika pada situs Alibaba, para penjualnya terdiri dari perusahaan–perusahaan besar, maka pada Aliexpress penjualnya terdiri dari pedagang kecil atau individu.

· Situs 1688.com

Situs 1688.com merupakan anak cabang perusahaan Alibaba. Bahasa yang digunakan pada situs 1688.com menggunakan Bahasa Mandarin.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Anda dapat menggunakan fasilitas Google Translate untuk menerjemahkan Bahasa Mandari ke Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia.

· Situs Taobao.com

Situs Taobao merupakan salah satu marketplace terbesar yang menjual barang–barang China dengan kualitas terbaik. Harga di situs Taobao terkenal lebih murah jika dibandingkan dengan situs marketplace lainnya.

Membeli Barang Impor Melalui Jasa Forwarder

Selain menggunakan situs belanja online, Anda dapat memanfaatkan jasa forwarder China Indonesia untuk membantu Anda dalam berbelanja barang–barang impor dari China. Anda akan dibantu mulai dari memilih supplier sampai pengiriman barang dari China hingga tiba di alamat Anda.

branding forwarder eastexpress
branding forwarder eastexpress

Berikut tata cara melakukan impor barang menggunakan jasa forwarder:

  • Bagi Anda yang belum memiliki supplier dari China, Anda akan dibantu mencari supplier.
  • Selanjutnya, Anda melakukan pembayaran atas pembelian barang ke rekening supplier.
  • Kemudian pihak forwarder akan mengambil barang Anda dari supplier.
  • Pihak forwarder akan mengirim barang Anda dari China ke Indonesia melalui ekspedisi laut atau udara sesuai dengan kesepakatan.
  • Pihak forwarder akan membantu dalam mengurus Bea Cukai.
  • Setelah barang tiba di Indonesia, pihak forwarder akan bertanggung jawab mengirimkan barang ke alamat Anda.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis dengan menjual kembali barang–barang dari China, kini tidak perlu bingung lagi mengenai cara melakukan impor barang. Adanya marketplace atau situs jual beli online asal China dan jasa forwarder akan memudahkan Anda untuk mendatangkan produk China ke tempat Anda.